Susahnya Menjadi Mahasiswa Yang Produktif Di Saat Pandemi Covid 19 Siapa Bilang? Begini Tipsnya

Untuk membangun jaringan pemasaran, ia harus rajin mempromosinya di berbagai media sosial. Di Tokopedia, penjualan produk kategori Rumah Tangga meningkat lebih dari 2 kali lipat. Nah, konsumen banyak membeli produk berupa tempat sepatu dan sendal, pengharum ruangan, dan bantal tidur. Untuk pemasaran, kamu bisa manfaatkan media sosial dan berbagai platform e-commerce.

Dari waktu yang tersisa selain untuk kuliah, bisa dimanfaatkan untuk agenda yang lain. Misalnya memperdalam materi, mulai mengerjakan sesuatu yang bisa menghasilkan uang, dan lainnya. Aktivitas yang sedikit dan rasa bosan dengan aktivitas yang sama membuat orang-orang memutuskan mencari alternatif untuk hiburan selama dirumah saja. Kini banyak alat gaming yang harganya juga melambung naik akibat banyaknya permintaan.

Dampak virus Corona terhadap Indonesia tak akan seburuk dampak terhadap Singapura. Artinya dampaknya ada, namun relatif terbatas dibandingkan dengan Singapura atau Thailand. Untuk menjawab pertanyaan itu kita perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini. Artkel ini disusun berdasarkan hasil diskusi Focus Group Discussion dosen-dosen akuntansi UNPAD pada tanggal 29 Maret 2020 yang diikuti oleh 16 orang dosen.

Bisnis mahasiswa saat corona

Instrumen yang paling efektif untuk itu adalah mendorong permintaan domestik melalui fiskal. Data menunjukkan bahwa wabah SARS telah menurunkan pertumbuhan ekonomi China dari eleven,1 persen (triwulan I-2003) menjadi 9,1 persen (triwulan II-2003). Namun perekonomian China membaik kembali dan tumbuh menjadi 10 persen dalam triwulan III dan IV tahun itu. Program tersebut diimplementasikan dengan memangkas dan membebaskan biaya kuliah mahasiswa sehingga dapat meringankan beban masyarakat. Hingga vaksin tersedia, interaksi dengan orang di atas 65 tahun menjadi terbatas. Alhasil, orang-orang kemungkinan akan memikirkan ulang model-model pertemuan sosialnya.

Karena memang pekerjaannya berhubungan dengan pertunjukan, kini Endah dihadapi tantangan yang baru. Warga Indonesia, Peter Fung Then, pemilik restoran Borneo Kalimantan Cuisine dan tiga restoran lain bernama Uncle Fung Borneo Eatery di wilayah Los Angeles, California ikut merasakan dampak penutupan restoran akibat perebakan virus korona ini. Endah menambahkan, sekolah-sekolah di California pun juga sudah ditutup sejak minggu lalu. Para karyawan diminta untuk bekerja dari rumah dan para murid mendapatkan pengajaran melalui on-line.

Cara untuk memasarkan dagangan pada aplikasi di atas cukup mudah, yaitu dengan mengunggah foto atau vidio, lalu sertakan keterangan informasi dan juga harga dari produk yang akan dipasarkan tersebut. Dengan begitu, konsumen bisa memesan barang tanpa perlu berinteraksi langsung dengan produsen atau penjual. Beragam aplikasi ini sangat membantu,apalagi bagi mereka yang baru memulai usaha. Belum lama ini, gubernur California, Gavin Newsom, wajibkan 40 juta warganya untuk tinggal di rumah dan menutup berbagai tempat usaha yang non-essential atau tidak penting, sebagai upaya untuk meredam penyebaran virus corona. Menjalankan bisnis UKM saat perekonomian Indonesia terdampak Virus Corona sangat sulit. Bahkan beberapa sektor usaha hampir mengalami kelumpuhan yang ujung-ujungnya mempengaruhi perekonomian negara dan menyebabkan perlambatan aktivitas ekonomi secara international.

Sandi