6 Langkah Menjadi Pengusaha Untuk Kamu Yang Berstatus Sebagai Mahasiswa

Membawakan materi dengan gaya unik, santai, asyik sangat pas untuk membangun dan menginspirasi mahasiswa. Pesan yang disampaikan adalah Berani mencoba, lakukan apa yang disenangi karena yang disenangi akan dilakukan atau dikerjakan dengan sungguh-sungguh. “ Allah memberikan kekayaan dan Kecukupan bukan Kemiskinan, hanya manusia saja yang tidak mau berusaha, dengan berwirausaha kita dapat memberi manfaat untuk banyak orang, tandasnya. Hadir sebagai Narasumber tunggal yaitu oleh Muhammad Rahman Firdaus menjadi second yang ditunggu seluruh peserta.

“Lakukan semua pekerjaan dengan senang hati dan bersungguh-sungguh karena usaha tak akan mengkhianati hasil. Selalu ambil kesempatan yang ada dan berusaha mempelajari hal-hal baru. Kalau ingin berhasil meraih sesuatu, harus berani mencoba hal baru dan mengambil resiko serta keluar dari zona nyaman. Seperti yang Einstein bilang bahwa hal gila itu mengharap hasil yang berbeda tapi melakukan hal yang sama tiap hari,” paparnya.

Bakat kepemimpinan dimilikinya sejak usia belia dimana ia selalu didaulat menjadi pemimpin kelompok dimanapun ia berada. Kecerdasan dan bakat yang ada dalam dirinya semakin terasah ketika lingkungan terkecilnya memberi dukungan yang optimal. Handry Satriago membalik keterbatasan menjadi kelebihan, tantangan menjadi peluang.

Kamu perlu menambah ilmu dan pengetahuanmu tentang berbisnis dari orang yang sudah berpengalaman. Carilah teman-temanmu yang mungkin sudah lebih dulu terjun di dunia wirausaha darimu. Jangan malas dan malu untuk terus menguji coba produkmu pada teman-temanmu.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Harus dihindari terjadinya persaingan yang tidak sehat antar mahasiswa dan pendamping. Diperlukan terjadinya sinergi atau komplementaritas antara jenis usaha yang dikembangkan mahasiswa tersebut dan jenis usaha pendamping. Di tengah persaingan pasar yang semakin sesak, tentunya sebagai pendatang baru Anda dituntut agar bisa lebih agresif untuk menciptakan strategi-strategi jitu. Tingginya bekal pendidikan yang Anda kenyam saat ini serta pengalaman-pengalaman seru yang sering Anda temukan bersama teman-teman seumuran, bisa diangkat sebagai ide-ide baru untuk mempromosikan bisnis Anda. Contohnya saja dengan melibatkan bisnis Anda sebagai sponsor utama di sebuah event atau kegiatan positif lainnya, baik di lingkup kampus maupun di event-event besar yang ada di kota Anda. Melalui strategi ini, secara tidak langsung Anda bisa memperkenalkan produk atau jasa yang Anda pasarkan ke khalayak ramai yang datang ke event tersebut.

Maka saya berharap HIPMI PT bisa bersinergi dengan HIPMI BPC Kab. Bekasi membangun nilai-nilai enterpreneur, bernetworking sampai kita berkolaborasi bisnis terutama membangun Indonesia”, ucapnya dalam sambutan Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Bekasi. Ketika kamu sudah merasa menemukan ide terbaik untuk usahamu, coba tanyakan dan diskusikan pada teman-teman dekatmu di kampus, himpunan, UKM, dan di kostan. Jika idemu mendapat sambutan baik dari mereka, cobalah untuk bertanya pada dosen mata kuliah bisnis atau teman dan saudara yang sudah punya banyak pengalaman berbisnis. Jika mereka memberimu lampu hijau, maka lanjutkan, jika tidak, terus cari ide yang menarik.

Kamu bahkan tidak perlu keluar kamar untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Saat ini, dunia pendidikan menjadi kebutuhan penting yang makin disadari oleh setiap orang di luar sana. Para orang tua berlomba-lomba mencarikan alternatif pembelajaran bagi putra-putrinya untuk melengkapi pembelajaran di sekolah. Ingin tahu, apa saja pekerjaan paruh waktu yang bisa menginspirasi kamu untuk menjadi pengusaha pemula? Menjadi karyawan teladan selama 2 tahun, membawa dia dan satu karyawan lainnya dari ratusan karyawan kontrak yang telah habis masa kerjanya diberikan kesempatan untuk berangkat ke Jepang. Mengikuti serangkaian pelatihan, akhirnya dia berhasil membuktikan kerja kerasnya selama pelatihan dengan meraih 4 pin sebagai prestasi karena selalu mendapatkan nilai sempurna saat ujian.

Sandi